Select Page

Step 1. Place your order

Fill in the order form and provide all details of your assignment.

Step 2. Make Payment

Choose the payment system that suits you most.

Step 3. Receive your paper

Once your paper is ready, we will email it to you.

Isi teks eksplanasi bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait suatu fenomena.

by | Nov 8, 2022 | Other | 0 comments

Get Help With Your Essay

"Place your order now for a similar assignment and have exceptional work written by our team of experts, guaranteeing you A results."

For This or a Similar Paper Click To Order Now

 

yPEMBAHASAN

2.1 Pengertian Teks Eksplanasi
Teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan mengenai suatu fenomena atau peristiwa, baik fenomena alam maupun fenomena sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Fenomena alam yang dimaksud bisa berupa tanah longsor, gempa bumi, gunung meletus, kebakaran hutan, proses terbentuknya pelangi, dan sebagainya. Sedangkan fenomena sosial yang dapat dijelaskan oleh teks eksplanasi antara lain; aksi demonstrasi, tawuran, peperangan, dan lain-lain.
Tujuan dari teks ini adalah untuk menggambarkan satu atau lebih peristiwa yang melibatkan hubungan sebab-akibat dan proses. Dari teks eksplanasi, pembaca diharapkan mampu mengumpulkan informasi penting yang telah dijelaskan. Itu artinya menulis teks eksplanasi juga membutuhkan riset yang mendalam agar informasi yang disampaikan detail dan terpercaya.
Pengertian teks eksplanasi menurut beberapa ahli, di antaranya :
1. Knapp and Watkins
Teks eksplanasi dimaknai sebagai teks yang menggambarkan dua orientasi. Orientasi pertama menekankan bagaimana dan mengapa fenomena itu terjadi. Orientasi kedua menekankan apa yang bisa terjadi dalam teks eksplanasi.
2. Pardiyono
Teks eksplanasi menurut Pardiyono adalah upaya menjelaskan proses munculnya fenomena alam dan sosial.
3. Tomi Rianto
Teks eksplanasi dimaknai sebagai format tekstual yang menjelaskan mengapa dan bagaimana suatu peristiwa terjadi.
Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa teks eksplanasi adalah teks yang bertujuan untuk menjelaskan atau mencoba menjelaskan proses asal mula suatu kejadian atau fenomena. Di mana setiap fenomena dan peristiwa memiliki sebab, akibat, dan proses yang terjadi di dalamnya.

2.2 Karakteristik Teks Eksplanasi
Berikut karakteristik teks eksplanasi:
1. Terdiri dari tiga unsur utama seperti pernyataan umum, sebab-akibat, dan interpretasi.
2. Memuat hal-hal yang sifatnya fakta.
3. Isinya berdasarkan penjelasan secara ilmiah yang bersifat empiris sehingga dapat dipercaya.
4. Informasi yang dimuat tidak boleh bersifat subjektif, tetapi harus objektif atau netral.
5. Karakteristik atau ciri dari teks eksplanasi adalah umumnya menggunakan kausalitas. Kalimat kausalitas biasanya mengandung kata: Maka, Kalau, Karena, Jika, Bila, Oleh sebab itu, Sehingga, Disebabkan, Menyebabkan
6. Penyusunannya menggunakan kalimat pasif dan disajikan dengan susunan yang logis.
7. Memakai penanda sekuens karena teks kausalitas disusun secara berurutan, maka biasanya ada kata penanda seperti: Pertama, Kedua, Ketiga, Berikutnya, Awalnya, Terakhir, Selanjutnya, Kemudian
8. Karakteristik atau ciri dari teks eksplanasi adalah bagian interpretasi teks eksplanasi umumnya menjelaskan tentang kesimpulan dari bagian penjelas.

2.3 Ciri-Ciri Teks Eksplanasi
1. Memiliki Struktur yang Jelas
Ciri pertama yang dimiliki oleh teks eksplanasi adalah memiliki struktur yang jelas dimulai dari pernyataan umum, diikuti dengan urutan hubungan sebab akibat, dan kemudian ke interpretasi atau ketentuan penulis.
2. Informasi Mengandung Fakta
Teks eksplanasi berisi tentang fakta yang referensinya selalu mengacu pada data. Teks eksplanasi memuat pembahasan ilmiah menurut ilmu pengetahuan yang berlaku. Oleh karena itu, jenis teks ini tidak bisa dibuat secara imajinatif.
3. Bersifat Informatif
Isi teks eksplanasi bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait suatu fenomena. Informasi yang disajikan juga harus disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Teks eksplanasi didukung dengan teori dan penelitian ilmiah yang membuka lebih banyak perspektif.
4. Tidak Berusaha Memengaruhi Pembaca
Teks eksplanasi tidak dibuat untuk memengaruhi pembaca. Penjelasan yang dituliskan dalam teks ini berisi penjelasan tentang proses sebab akibat dari suatu fenomena.
5. Membuat Penanda Urutan
Penanda urutan menekankan urutan atau menggunakan level titik. Misalnya, kita bisa menggunakan urutan pertama, kedua, ketiga, keembat, dan seterusnya. Selain itu, bagian terakhir dari teks ini berisi tentang informasi dan data penting yang dapat menjawab peristiwa yang terjadi.

2.4 Unsur-Unsur Kebahasaan
Tentu saja dalam menyusun teks eksplanasi, tak hanya ciri-ciri saja yang diperhatikan. Penggunaan kaidah kebahasaan dalam teks eksplanasi juga harus diperhatikan.
1. Konjungsi kausalitas
Dalam teks eksplanasi, kebahasaan yang diusung harus sesuai dengan kaidah konjungsi kausalitas. Konjungsi kausalitas pada teks eksplanasi di antaranya ada sebab, karena dan sehingga.
2. Konjungsi kronologis
Dalam teks eksplanasi juga menggunakan konjungsi kronologis yakni hubungan waktu terjadinya suatu peristiwa, seperti kemudian, lalu, atau setelah itu.
3. Kata benda jenis fenomena
Dalam menyusun teks eksplanasi, penulis juga harus menggunakan kaidah kebahasaan yakni menggunakan kata benda jenis fenomena.
4. Penggunaan kata teknis
Selain kata benda jenis fenomena, teks eksplanasi juga harus menggunakan kata teknis. Contoh kata teknis antara lain ekosistem, fotosintesis, ekologi, dan masih banyak lagi.
Important Info

The order was placed through a short procedure (customer skipped some order details).
Please clarify some paper details before starting to work on the order.

Type of paper and subject
Number of sources and formatting style
Type of service (writing, rewriting, etc)

For This or a Similar Paper Click To Order Now